Cara tepat menanam bibit sengon

Bibit sengon siap tanam

Belakangan ini kegemaran masyarakat untuk menanam Sengon begitu besar dan masif. Tapi kebanyakan dari mereka bingung soal jenis bibit yang bisa mereka tanam, dan bagaimana budi dayanya. Artikel ini akan mengulas soal bagaimana budi daya bibit Sengon yang baik.
Jenis Sengon yang bagus untuk budi daya adalah jenis Sengon Putih atau Sengon Laut. Bukan Sengon Coklat. Cirinya, Sengon putih atau Sengon Laut itu tidak bercabang sepanjang minimal 9 meter. Dan warna kulitnya putih. Sementara Sengon coklat mudah bercabang hampir disetiap pertumbuhan 1 meter dan warna batangnya coklat.
Sengon coklat kalah ekonomis ketimbang Sengon putih. Karena Sengon coklat akibat percabangan yang banyak menyebabkan kubikasinya rendah. Dan jarang perusahaan yang mau menerima kayu jenis ini.
Pertanyaannya, apakah kalau kita membeli bibit Sengon selalu mendapat jenis Sengon Laut? Jawabannya ya. Semua pembudidaya Sengon atau pedagang bibit Sengon, selalu menjual jenis Sengon Putih atau Sengon Laut.
Berapa harga bibit Sengon yang ideal? Rata-rata pedagang Sengon, untuk ketinggian bibit 60 Cm dijual Rp1.200 per pohon. Tapi harga ideal adalah setiap ketinggian 10 Cm harga yang pas adalah Rp10 per pohon. Artinya kalau ketinggian pohon 60 Cm, maka harga jualnya mesti Rp600. Karena total ongkos produksi pembibitan sengon per pohon hanya Rp250.
Perlu saya ingatkan, prinsip investasi Sengon adalah mudah dan murah. Makanya hati-hati memilih harga Sengon.

Bibit sengon dalam polibag umur satu minggu

Untuk mendapatkan harga bibit Sengon murah dan berkualitas, ada dua langkah. Pertama, belilah bibit Sengon di sentra-sentra bibit, seperti Magelang, Purwokerto dan Cilacap. Atau lakukan Budi Daya Sendiri jauh lebih murah dan jelas asal-usull bibitnya.
Berikut adalah teknik pembibitan Sengon;
1. Untuk mendapat biji Sengon, carilah pohon Sengon yang sudah berdiameter di atas 40 Cm. Tapi harus Sengon Laut, yang mempunyai ciri kulit berwarna putih dan percabangan tidak banyak.
2. Ambil biji Sengon yang sudah jatuh di tanah. Ambil biji-biji itu ketika musim kemarau. Karena biji Sengon berjatuhan ketika musim kemarau. Dalam 1 Kg biji Sengon biasanya terdapat 50-60 ribu bakal pohon Sengon.
3. Rendam biji Sengon itu di dalam air mendidih pada malam hari, dan biarkan sampai pagi. Volume air secukupnya, asal terendam semua biji yang kita dapat.
4. Pagi harinya, sortir biji sengon yang sudah direndam. Yang mengambang ambil dan buang. Tapi yang tenggelam kita tetapkan sebagai bakal biji Sengon yang bagus.
5. Tebar secara merata di atas plastik, biarkan sampai muncul kecambahnya di biji-biji itu. Biasanya kecambah itu muncul setelah 1-4 hari setelah perendaman.
6. Siapkan polybag. Poisi Polybag harus sudah siap ketika biji-biji itu sudah berkecambah. Artinya persiapan polybag harus jauh-jauh hari. Biasanya persiapan polybag kita lakukan sejak 2 bulan sebelum biji siap tanam.
7. Komposisi kandungan Polybag terdiri dari kompos, tanah dan pasir dengan komposisi kompos 50%: tanah 25% dan Pasir 25%. Ketiganya dioplos secara merata dan masukan ke polybag.
8. Ukuran polybag adalah 10X15 Cm, bisa dari bahan plastik hitam atau putih.
9. Lubangi plastik Polybag itu dibagian bawahnya.
10. Ketika biji Sengon yang sudah berkecambah mau ditanam di polybag, posisi kecambah harus menghadap ke atas, letakkan dengan hati-hati.
11. Siram dengan kucuran air yang halus, sehari 1-2 kali tergantung kondisi alam, beri peneduh dengan kain kasa dan tempatkan di lahan yang agak tinggi.
12. Semprot dengan obat anti Serangga kalau terserang serangga dengan dosis yang sangat rendah.
13. Sebulan setelah itu, pohon Sengon akan tumbuh setinggi 10 Cm.
14. Ketinggan 10 Cm adalah saat yang sangat tepat dan ideal untuk melakukan penanaman.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Sengon dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Cara tepat menanam bibit sengon

  1. vany berkata:

    pak bibit sengon saya patah-patah ketika umur sudah 4 bulan kenapa ya???
    apakah pupuknya kurang??

    • duriankani berkata:

      Kalau nanam bibit sengon yang bagus pak umurnya sekitar satu atau dua bulan, kalau terlalu lama biasanya perakarannya sudah tembus ke tanah. Biasanya kurang bagus. Tanamlah sesegera mungkin selagi musim penghujan, karena biasanya bulan april dan mei sudah kemarau. Pemupukan mulai umur 10 hari sejak di tanam di polibag dengan dosis rendah pake pupuk npk, ulangi setiap 1 minggu dengan dosis rendah. Klau patah2 akibat apa pak, biasanya tidak demikian. Sekali lagi baca artikel saya. Salam sukses pak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s